Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Partai PAN, Drs H Respriadi saat menghadiri pembukaan acara MTQ XV Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat, di aula kantor camat terkait, Selasa malam (9/3/2021). (foto: istimewa/tanjak.co.id)

TANJAK.CO.ID, Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang Hj Rahma membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XV Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat, Selasa malam (9/3/2021) di aula Kantor Camat Tanjungpinang Barat.

Hal ini, dalam rangka menindaklanjuti pelaksanaan MTQ XV tingkat kelurahan yang dinyatakan sudah siap pelaksanaannya sekitar sepekan silam.

Rahma menjelaskan, MTQ tingkat kecamatan direncanakan akan berakhir pada 20 Maret 2021 mendatang. Sementara pelaksanaan MTQ XV Tingkat Kota Tanjungpinang, dijadwalkan dilaksanakan pada 28 Maret sampai dengan awal April 2021.

“Sebelumnya, untuk tempat pelaksanaan tingkat kelurahan dan kecamatan ditentukan oleh kelurahan dan kecamatan masing-masing. Sedangkan tingkat kota akan digelar di Dataran Gurindam 12 Tepi Laut sebagai arena utama,” ucap Rahma dalam sambutannya.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Imbau Kantor Pemerintahan Dan Swasta Ikut Semarakkan Hari Jadi Kota Otonom

Dalam pada itu, anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Drs H Respriadi yang juga turut mendampingi Walikota Rahma dalam kegiatan itu, kepada tanjak.co.id menambahkan, cabang yang dilombakan pada MTQ XV tingkat kecamatan ini terdiri dari cabang tilawah dewasa dan anak-anak, cabang hifzil Quran golongan 1, 5, 10, 20, dan 30 juz.

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Partai PAN, Drs H Respriadi (pertama kanan) saat menghadiri pembukaan acara MTQ XV Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat, di aula kantor camat terkait, Selasa malam (9/3/2021). (foto: istimewa/tanjak.co.id)

”Kemudian, ada juga cabang tafsir Al-Qur’an golongan Arab putera dan puteri yaitu hafalan 30 juz dan tafsir juz 10, cabang Musabaqah Hadist Nabi terdiri dari tahfizul hadist 100 dan 500 hadist tanpa sanad,” ujarnya.

Baca Juga :  Eks Hotel TG Tanjungbatu, Siap Dijadikan Sentra Karantina Covid-19

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tanjungpinang ini menambahkan, khusus untuk rangkaian acara pelaksanaan MTQ XV Tingkat Kota Tanjungpinang, nantinya akan diawali dengan pawai taaruf, dilanjutkan dengan pembukaan bazaar MTQ Expo di arena utama serta pelantikan dewan hakim.

Tak luput, mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kota Tanjungpinang ini mengimbau kepada segenap elemen masyarakat khususnya warga Kecamatan Tanjungpinang Barat, agar bersama-sama menyukseskan perhelatan MTQ sebagai agenda syiar agama di Kota Tanjungpinang.

“Kita sangat mengharapkan semangat dan kebersamaan baik dari para peserta maupun dari seluruh panitia yang terlibat berikut segenap elemen lapisan warga dapat terbangun, agar pelaksanaan MTQ tahun ini berjalan dengan baik dan kesehatan kita juga tetap terjaga dengan terus mematuhi protokol kesehatan,” imbau Respriadi.

Baca Juga :  Didampingi Alias Wello, Moeldoko Resmikan Kawasan Food Estate seluas 1.800 Ha di Lingga

Lebih jauh, mantan Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Kota Tanjungpinang ini menjelaskan, MTQ XV Tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021 mengangkat tema.

”Dengan MTQ XV Kota Tanjungpinang Tahun 2021, Kita Implementasikan Nilai-nilai Al Quran dalam Memperkuat Mental Bangsa Menuju Masyarakat Tanjungpinang yang Religius, Berbudaya, dan Harmonis dalam Kebhinekaan,” demikian Respriadi.

Penulis: Ishiki
Editor: Ishiki Ogawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here